Connect with us

Surat Resmi

Contoh Surat

15 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Dan Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri – Pada berbagai perusahaan maupun instansi pemerintahan, terdapat banyak sekali jenis – jenis surat resmi yang digunakan. Salah satunya adalah surat pengunduran diri. Jika diartikan secara sederhana, maka surat pengunduran diri adalah surat yang digunakan oleh para karyawan untuk mengajukan dirinya keluar dari pekerjaan tersebut.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang keluar dari sebuah pekerjaan, baik itu dikarenakan faktor internal pekerjaan, maupun karena faktor eksternal kantor. Setelah lama bekerja di sebuah kantor atau perusahaan, maka seseorang mungkin merasa bosan dan berniat untuk mengajukan pengunduran diri secara sopan.

Selain itu, ruang atau lingkungan kerja yang kurang harmonis dan kurang mendukung merupakan salah satu penyebab lain dari karyawan yang mengajukan pengunduran diri. Untuk para wanita, alasan ingin fokus untuk mengurus rumah tangga adalah alasan yang paling sering digunakan ketika mengundurkan diri dari pekerjaan.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran ini bukan hanya digunakan oeh perusahaan swasta saja, namun juga digunakan oleh instansi pemerintahan. Ketika seorang PNS berniat mengundurkan diri dari pekerjaanya, maka dia harus terlebih dahulu menyerahkan surat pengunduran diri kepada atasan.

Contoh surat pengunduran ini sangat banyak, meliputi berbagai jenis surat dan alasan yang berbeda. Namun apapun alasan anda keluar dari pekerjaan, maka sebaiknya buatlah terlebih dahulu surat pengunduran diri dan berikan kepada atasan. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa anda contek.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Ketika hendak keluar dan berhenti bekerja dari sebuah perusahaan, maka anda bisa membuat surat pengunduran terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda lebih terhormat dan tidak menunjukkan itikad baik kepada perusahaan yang sudah mempekerjakan anda selama ini. Berikut adalah salah satu surat pengunduran diri dari perusahaan.

Magetan, 15 Februari 2018

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. NUSA BANGSA

Magetan

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Malik
Alamat : Jl. Raya Niaga No. 123 Magetan
Jabatan : Kepala Administrasi

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 19 Februari 2018.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

 

Abdul Malik

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Hotel

Bagi sebagian orang, bekerja di sebuah hotel tentu merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan sangat menjanjikan. Namun dikarenakan satu dan dua hal, seorang karyawan hotel bisa saja harus mengundurkan diri dan berhenti bekerja di hotel tersebut. Berikut di bawah ini adalah salah satu surat pengunduran diri dari hotel.

Medan, 15 Februari 2018

Kepada Yth,

Kepala Bagian HRD

Hotel Karangsari

Jln. Raya Niaga No. 123 Medan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Puspa Dewi
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1990
Alamat : Jl. Bunga No. 12 Medan
Jabatan : General Accounting Hotel Karangsari

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 19 Februari 2018 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Karangsari akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Karangsari, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Puspa Dewi

3. Contoh Surat Pengunduran Diri yang Resmi Dari Perusahaan

Mungkin ada beberapa perusahaan yang memungkinkan para karyawannya untuk tidak perlu membuat surat pengunduran diri ketika keluar dari perusahaan. Namun ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan hal tersebut. Bahkan para karyawan juga diwajibkan untuk membuat surat pengunduran diri dalam bentuk resmi, seperti berikut ini.

Makassar, 15 Februari 2018

Kepada

Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur

di Jln. Jenderal Sudirman, No 11 Makassar

Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Malik
Departemen : Pemasaran
Jabatan : Sales
No. Karyawan : B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Bukan hanya dari tempat pekerjaan, anda juga perlu membuat surat pengunduran diri ketika anda akan keluar dari organisasi. Hal ini menjaga nama baik dari organisasi yang anda tinggalkan dan tidak muncul prasangka atas keluarnya anda dari organisasi tersebut. Anda memiliki jabatan atau tidak dalam organisasi tersebut, namun membuat surat pengunduran diri secara tertulis tetaplah disarankan.

Kediri, 15 Februari 2018

Hal : Pengunduran Diri

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Darwis Bagaskara
Jabatan di BEM : Departeman Kesekretaritan dan Informasi
Fakultas : Sastra – Sasrta Inggris
NIM : 12345678
Alamat : Jl. Raya No. 123 Kediri
Telp. : 085374748585

Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangsa Cerdas dengan alasan kesehatan yang terganggu sehingga harus melakukan perawatan di luar kota. Olehnya itu untuk menjaga roda organisasi, untuk pengganti posisi yang saya tinggalkan, saya menyerahkan ke Ketua BEM.
Saya memohon maaf jika selama berproses di organisasi ini saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan.

Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Saya berharap Ketua BEM dan seluruh jajarannya memahami dan mengerti keadaan saya.Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

 

Darwis Bagaskara

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Perangkat Desa

Bukan hanya pada perusahaan, namun dimanapun anda berada atau bertugas, haruslah membuat surat pengunduran diri ketika ingin berhenti, termasuk sebagai perangkat desa. Perangkat desa yang berada di bawah pemerintahan seorang Kepala Desa mungkin saja ingin keluar dan berhenti dikarenakan sudah tidak sanggup lagi menjalankan kewajibannya sebagai perangkat desa.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Malik
Jabatan : Kasi Kesra Desa
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1988

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kasi Kesra Desa terhitung sejak tanggal 19 Februari 2018. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.

Demikian, harap menjadi maklum.

Yang Menyatakan,

 

Abdul Malik

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Tanpa Alasan

Memiliki pekerjaan tentu merupakan sebuah anugerah tersendiri bagi kita. Namu dikarenakan satu dan lain hal, tidak tertutup kemungkinan anda berniat keluar dan berhenti bekerja dari tempat anda bekerja sekarang. Maka ada baiknya agar anda membuat surat pengunduran diri secara tertulis, walaupun anda tidak mengutarakan asalan anda keluar dan berhenti.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Jakarta, 15 Februari 2018

Kepada Yth,

Kepala Cabang J&T Express Tangerang

Jl. Pluit Selatan Raya Kav 1 (14440) Jakarta Utara

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini saya Abdul Malik  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi sebagai Kurir Delivery sejak tanggal 19 Februari 2018.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi kepada saya untuk bekerja di J&T EXPRESS Cabang Jakarta Utara sebagai Kurir Delivery selama kurang lebih 1 tahun ini.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi

Saya sangat berharap PT. Jaringan Ekspedisi Transportasi menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Memiliki Pekerjaan Baru

Ketika anda mendapat tawaran berupa pekerjaa baru yang lebih menjanjikan, maka tidak ada salahnya untuk berhenti bekerja dari tempat anda bekerja sekarang. Hal ini sangat wajar, mengingat setiap manusia tentu menginginkan pekerjaan yang lebih menjanjikan dari pekerjaan yang sedang dijalaninya sekarang.

Malang, 15 Februari 2018

 

Yth. Kepala UPT K3L UIN Malang

Prof. dra. Chelsi Lestari, M.Si., Ph. D

Di Kampus UIN, Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Abdul Malik, bermaksud untuk mengundurkan diri dari UPT K3L  UIN Malang sebagai karyawan per tanggal 19 Februari 2018, dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di UIN Malang, dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen UPT K3L UIN Malang jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu UPT K3L UIN Malang dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan Swasta

Dimanapun anda bekerja, ataupun sekecil apapun perusahaan tempat anda bekerja, namun menjaga kesopanan dan menunjukkan itikad baik haruslah selalu dipegang teguh. Ketika keluar dari pekerjaan tersebut, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri dan memberikannya kepada atasan anda, seperti contoh di bawah ini.

Magelang, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth,

Direktur Utama

PT. Daya Guna Mandiri

Magelang

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Abdul Malik bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Daya Guna Mandiri sebagai Karyawan Gudang PT. Daya Guna Mandiri, terhitung sejak tanggal 19 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Daya Guna Mandiri selama 3 tahun ini.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Daya Guna Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya berharap semoga PT. Daya Guna Mandiri semakin maju dan berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Menuntun ilmu adalah hal yang sangat berharga untuk dilakukan. Menuntut ilmu ini bisa dipelajari dan didapatkan di sekolah. Namun dikarenakan satu dan lain hal, tidak tertutup kemungkinan seorang siswa harus mengundurkan diri dari tempat dia menempuh pendidikan dan mungkin ingin pindah ke sekolah lain. Maka dari itu, anda bisa membuat surat pengunduran diri dan menyerahakanya kepada pihak sekolah.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada :

Yth. Kepala SMK Bina Siswa 2 Cililin

Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung

Bandung Barat

 

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Siswa : Abdul Malik
Kelas : XI TKJ 2
Nomor Induk : 1415.102.32

Mengajukan pengunduran diri dari SMK Bina Siswa 2 Cililin, Jl. Raya Cijenuk No.26.Kp Dengkeng Rancapanggung Bandung Barat dengan alasan :

Pindah sekolah mengikuti orang tua yang pindah tugas ke luar kota.

Hal – hal yang berkaitan dengan administrasi untuk pindah sekolah, akan diurus oleh orang tua saya ke depannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya , atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Kesehatan

Ketika kesehatan anda terganggu atau anda memiliki penyakit yang lumayan parah, maka tentu produktivitas anda untuk bekerja akan berkurang. Jika memaksakan diri untuk bekerja, bukan tidak mungkin penyakit yang anda alami akan semakin parah dan membuat kesehatan anda semakin memburuk. Maka dari itu, anda bisa membuat surat pengunduran diri dengan konsep seperti di bawah ini.

Medan, 15 Februari 2018

Kepada Yth,

Bapak  Sulaimin

HRD PT. Tunas Harapan Baru

Di Medan

 

Perihal : SURAT PENGUDURAN DIRI

 

Dengan segala hormat, saya yang bertanda tangan di bawa ini :

Nama : Abdul Malik, ST
Jabatan : Site Manager Proyek PMKS PT. THB

ingin mengajukan surat pengunduran diri (resign) dari PT. THB yang bapak  pimpin terhitung sejak tanggal  19 Februari 2018 karena kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan untuk bekerja.

Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama dan bimbingan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf atas segala kesalahan selama bekerja, baik yang saya sadari maupun tidak.

Atas perhatian bapak /Ibu  saya ucapkan terimaksih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik, ST

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Guru

Sebagai Pegawai Negeri Sipil yang memegang teguh sumpah jabatan mereka masing – masing, maka tentu tidak boleh berhenti bekerja dengan sembarangan. Anda harus membuat surat permohonan pengunduran terlebih dahulu sebelum anda benar – benar berhenti bekerja. Untuk format dan contohnya, bisa anda lihat di bawah ini.

Bekasi, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth.

Kepala SMK Negeri 2 Bekasi

Jln.Noenoeng Tisnasaputra Kahuripan Tawang Bekasi

 

Perihal          : Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Abdul Malik, S.Kom
Tempat/Tgl Lahir : Bekasi/20/09/1988
Jabatan : Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK : 1362766668137003
Alamat : Kp. Cariwuh RT 003 RW 04  Kel. Majuasri Kec. Bintang,   Kab. Bekasi

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 19 Februari 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bekasi dikarenakan sudah mendapatkan Surat Keputusan CPNS  80% sebagai Guru Garis Depan 2016 dengan No.SK 813/429 TAHUN 2017 ,TMT 01-08-2017 yang ditempatkan di Sulawesi Tenggara, Kolaka Timur Unit Kerja di SMK Negeri 1 Ueesi.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 2 Bekasi untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bekasi  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK Negeri 2 Bekasi bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 2 Bekasi dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik, S.Kom

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Mungkin banyak perusahaan yang mewajibkan para karyawannya untuk membuat surat pengunduran diri secara resmi dan terstruktur ketika akan berhenti atau keluar dari perusahaan tersebut. Namun ada juga perusahaan yang memberikan kelonggaran dalam hal ini. Anda bisa membuat surat pengunduran diri secara sederhana, seperti berikut ini.

Jakarta, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth :

Ibu Elissa Lestiawati

PT GRAHA CORPORATION

Jl. Mahameru III No. 1023

Jakarta 12650

 

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini saya sampaikan. Saya Abdul Malik dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Ibu pimpin efektif tertanggal 19 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Ibu pimpin. Semoga Ibu dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan Semoga juga PT. GRAHA CORPORATION selalu maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Penyakit

Terjadinya gangguan kesehatan atau datangnya penyakit memang tidak ada yang tahu. Mungkin saja ketika karir anda sedang di atas, namun kesehatan terganggu dan anda menderita satu penyakit yang lumayan parah. Daripada harus memaksakan diri untuk bekerja, maka anda bisa membuat surat pengunduran diri kepada perusahaan tempat anda bekerja, dengan format seperti di bawah ini.

Bandung, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth.

HRD Manager

PT MANDIRI JAYA INDONESIA

Jl. Soekarno Hatta No 143

Bandung

 

Perihal: Surat Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Malik
NIK : 19820000094
Unit : Pengadaan Logistik
Jabatan : Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 19 Februari 2018. Dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tak lupa, pada kesempatan ini juga, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan Keluarga

Bagi anda yang merantau dan jauh dari keluarga tentu akan pernah merasakan hal ini. Bekerja di kota – kota besar memang menyenangkan, namun tentu akan ada yang terasa kurang ketika anda harus tinggal berjauhan dengan keluarga anda. Maka untuk bisa lebih dekat dari keluarga, anda bisa berhenti bekerja dan membuat surat pengunduran diri seperti berikut ini.

Semarang, 15 Februari 2018

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Abdul Malik
Jabatan : Logistic and Planning Manager
Departemen : Keuangan
Alamat : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Abdul Malik

15. Contoh Surat Pengunduran Karena Hamil

Sudah hal yang wajar ketika seorang ibu rumah tangga memutuskan untuk berhenti bekerja dan ingin fokus untuk mengurus keluarga. Terlebih jika seorang ibu tersebut sedang hamil dan tentunya membutuhkan istirahat yang lebih. Maka daripada membahayakan kandungan, anda bisa keluar dan berhenti dari pekerjaan anda. Anda bisa membuat surat pengunduran diri seperti konsep berikut ini.

Yogyakarta, 15 Februari 2018

 

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Kinenta Indonesia
Jl. Imam Bonjol 201
Yogyakarta

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Desi Ratnasari bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kinenta Indonesia sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 19 Februari 2018.Dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Kinenta Indonesia selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Kinenta Indonesia dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Desi Ratnasari

Kesimpulan Dan Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat pengunduran diri memang memiliki manfaat yang sangat banyak. Dengan surat pengunduran diri ini, maka tentu anda akan lebih tenang untuk keluar dan meninggalkan pekerjaan anda. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan kalau tidak ada lagi tanggung jawab yang harus anda kerjakan di tempat anda bekerja tersebut.

Sekarang mungkin anda sudah mantap untuk berhenti bekerja dan memilih untuk mengembangkan bisnis misalnya. Namun ketika bisnis yang anda bangun tidak berjalan dengan lancar, maka anda tentu harus mencari pekerjaan baru lagi untuk mendapatkan penghasilan.

Jika sebelumnya anda berhenti bekerja dengan membuat surat pengunduran diri, maka anda bisa kembali ke perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Namun jika anda berhenti bekerja dari sana sebelumnya dengan diam – diam dan tanpa surat pengunduran diri, maka pergi untuk melamar kerja kesana sudah tidak mungkin lagi untuk anda lakukan.

Selain itu, anda juga mungkin berhenti bekerja karena niat mencari pekerjaan di perusahaan lain. Jika anda memiliki surat pengunduran diri, maka maka anda juga bisa sekalian meminta surat rekomendasi dari atasan lama anda. Surat rekomendasi ini akan membantu anda dalam mencari pekerjaan yang baru.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Contoh Surat

To Top