Contoh Surat Pengaduan Masyarakat dan Prosedur Pembuatannya

Apakah Anda sedang mengalami masalah? Kalau begitu contoh surat pengaduan masyarakat wajib untuk diketahui dengan baik. Keberadaan dari surat pengaduan inilah menjadi dokumen yang bisa diajukan oleh masyarakat apabila terdapat keluhan kepada pemerintah, instansi atau sebagainya.

Proses pemenuhan aduan inilah biasanya akan tergantung pada sejumlah alasan yang dikemukakan oleh pihak pengadu. Biasanya pihak instansi hanya akan memenuhi tuntutan tersebut. Oleh sebab itulah sangat penting bagi Anda untuk memahami lebih lanjut mengenai keberadaan contohnya.

Sebagai masyarakat atau konsumen, Anda pastinya pernah bukan mengalami ketidakpuasan terhadap layanan atau produk tertentu dari perusahaan. Jika Anda ingin mendapatkan hak sesuai dengan yang dijanjikan maka dapat membuat aduan terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa surat ini juga termasuk ke dalam surat resmi, karena itulah prosedur pembuatannya harus diperhatikan dengan baik oleh para pengguna. Sebab apabila sampai salah dalam membuatnya maka bukan tidak mungkin aduan justru akan ditolak.

Mengapa Perlu Untuk Membuat Surat Pengaduan

Contoh Surat Pengaduan Masyarakat dan Prosedur Pembuatannya

Sebagai masyarakat, Anda pastinya juga pernah kecewa dengan layanan atau fasilitas yang ditawarkan oleh pemerintah, instansi ataupun lainnya bukan? Disinilah agar pihak-pihak tersebut dapat mengetahui kekecewaan masyarakat maka dapat membuat aduannya terlebih dahulu.

Terlebih lagi apabila Anda sudah melakukan transaksi pembelian, maka cukup penting untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dipilih tersebut sudah sesuai kualitas dan keinginan. Jangan sampai terdapat cacat atau kekurangan sedikitpun.

Tidak hanya mengamati barang tersebut secara fisik, tetapi produk atau jasa juga harus dipastikan mempunyai reputasi serta testimoni baik, terjamin sekaligus terpercaya. Jika produk atau jasa tidak sesuai harapan maka dapat melakukan aduan masyarakat atau komplain.

Tujuannya adalah untuk menuntut tanggung jawab pada perusahaan ataupun pihak-pihak terkait didalamnya. Sebab melakukan komplain melalui surat inilah ternyata dibuat secara sah dan resmi, sehingga Anda tetap bisa memperoleh hak dan kewajiban.

Konsumen juga diharapkan akan mendapatkan balasan dimana didalamnya mengandung pertanggungjawaban atau penyelesaian terhadap keluhan atas produk atau jasa dimana ditawarkan.

Contoh Surat Pengaduan Masyarakat yang Baik

Sedang mencari keberadaan dari contoh surat pengaduan masyarakat yang baik dan benar? Nah kehadiran dari contoh inilah ternyata mempunyai peran cukup penting karena tidak semua orang memahami prosedur pembuatannya.

Belum lagi apabila Anda tidak pernah membuatnya sama sekali sebelumnya maka dengan contoh dibawah inilah dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses pembuatan dari surat tersebut. Adapun contoh berikut adalah terkait dengan keluhan masyarakat mengenai pengaduan asuransi.

 

CV Indah

Jalan Melati Nomor 174

Semarang

 

Semarang, 15 Februari 2023

Nomor  : 123/PG/X/2023

Hal : pengaduan klaim asuransi

 

Kepada

PT Asuransi

Jalan Barat No 200

Semarang

 

Dengan hormat,

Kami sudah mengajukan klaim asuransi pada kendaraan yang mengalami kecelakaan. Kecelakaan tersebut telah terjadi pada 13 Februari 2023 di Jalan Harapan Indah.

Kami sudah memberikan berkas persyaratan dimana dibutuhkan kepada pihak PT Asuransi. Pihak PT Asuransi juga sudah melakukan pengecekan terhadap mobil tersebut pada tanggal 14 Februari 2023 dengan mendatangkan karyawan langsung.

Perlu diinformasikan bahwa hingga sekarang tidak terdapat proses lanjutan terhadap klaim asuransi kami. Sedangkan petugas dari PT Asuransi akan menjanjikan bahwa menghubungi kami dalam kurun waktu 7 hari paling lambat.

Demikian surat klaim asuransi ini kami buat dan kami menunggu kabar positif dari PT Asuransi.

Atas perhatian saudara, kami mengucapkan terima kasih

 

Hormat kami,

CV Indah

Lita Aprillia

Manager Umum

 

Cara Membuat Surat Pengaduan Masyarakat

Hal penting lainnya yang perlu diketahui adalah proses pembuatan dari surat tersebut. Sebab tidak sedikit dari Anda pastinya masih merasa kebingungan bagaimana membuatnya karena takut membuat kesalahan.

Sebenarnya untuk membuat surat pengaduan masyarakat ternyata cukup mudah dan dapat menggunakan format seperti format surat resmi lainnya. Tetapi kalau Anda takut membuat kesalahan, maka sebaiknya dapat menyimak ulasan dibawah ini.

Menentukan Kop Surat

Dalam membuat surat pengaduan inilah maka sangat penting agar menentukan KOP Surat. Terutama apabila Anda sebagai pelapor yang mempunyai badan usaha mulai dari CV hingga PT maka wajib disertakan didalamnya.

Menyertakan Lokasi dan Tanggal Penerbitan

Berikutnya Anda juga perlu untuk menyertakan lokasi sekaligus tanggal penerbitan dari dokumen tersebut. Dengan menyertakan lokasi dan tanggal inilah bisa memberikan penjelasan dimana dan kapan dokumen tersebut dibuat dengan baik.

Nomor Surat Jika Ada

Langkah berikutnya Anda juga bisa menambahkan nomor surat apabila ada. Biasanya nomor surat inilah juga akan menyertakan tahun pembuatan dari dokumen tersebut.

Kemudian di bagian bawah nomor surat maka dapat menyertakan perihal atau tujuan dibuatnya pengaduan tersebut. Dengan begitu, pihak penerima akan langsung mengerti maksud dan tujuan dari pembuatannya.

Lampiran Apabila Ada

Kalau didalam aduan tersebut, Anda juga mempunyai lampiran sebagai barang bukti maka sebaiknya juga disertakan didalamnya. Lampiran inilah dapat ditaruh di bagian bawah dari perihal atau hal pembuatan aduan.

Buat Keterangan dan Detail Isi Dengan Jelas

Perlu diketahui bahwa bagian isi inilah mempunyai peran yang sangat penting karena didalamnya akan menunjukkan detail komplain dari masyarakat. Sebaiknya harus ditulis dengan baik dan jelas sehingga pihak dari penerima juga bisa memahaminya dengan baik.

Penutup

Untuk bagian penutup inilah, Anda dapat menambahkan salam penutup sekaligus tanda tangan dari pihak pembuat. Tujuannya adalah agar dokumen tersebut dianggap sah dan absah.

Manfaat dari Pembuatan Surat Pengaduan

Mengajukan komplain melalui surat pengaduan inilah ternyata akan memberikan sejumlah manfaat tersendiri bagi seseorang. Terlebih lagi apabila Anda mengalami permasalahan terhadap suatu perusahaan atau terkait dengan produk yang telah dibeli.

Adapun fungsi surat pengaduan masyarakat inilah juga dapat digunakan sebagai klaim dan mengadukan kepada pihak-pihak terkait. Perlu diketahui bahwa keberadaan dokumen inilah juga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, terutama kalau dalam prosesnya melibatkan hukum.

Tidak sampai disitu saja, keberadaan dari dokumen ini juga bisa memberikan peringatan kepada suatu pihak mulai dari instansi atau perusahaan mengenai keluhan sebagai konsumen. Tujuannya adalah agar masyarakat tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Proses penyelesaian masalah atau keluhan itulah dapat diawali oleh perusahaan atau pihak terkait dengan mengirimkan surat balasan terhadap aduan sebelumnya. terutama berkaitan dengan ketidakpuasan yang dialami oleh masyarakat.

Penutup

Sebagai masyarakat memang mempunyai hak untuk bersuara termasuk juga memberikan aduan kepada pihak-pihak tertentu. Aduan inilah bisa dilakukan terutama kalau Anda merasa tidak mendapatkan layanan atau fasilitas yang tepat, maka dapat melakukan proses pengaduan segera.

Dengan aduan inilah juga akan memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat agar bisa mendapatkan balasan segera terkait dengan keluhan mereka. Itulah contoh surat pengaduan masyarakat dimana dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses pembuatan dokumen ini. Semoga bermanfaat dan menambah informasinya.

Share:

Tinggalkan komentar