Contoh Surat Pembatalan Paspor yang Dapat Dibuat dengan Mudah

Paspor adalah dokumen penting yang wajib dibawa ketika bepergian ke negara lain. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana contoh surat pembatalan paspor apabila ingin membatalkan pembuatan paspor?

Ketika ingin membuat paspor, tak jarang pemohon menemui kendala ataupun ingin membatalkan proses pembuatan paspor karena alasan tertentu. Sehingga permohonan pembuatan paspor yang sudah terdaftar ingin dibatalkan.

Namun apakah bisa membatalkan pembuatan paspor, contohnya ketika pemohon salah memilih jenis permohonan paspor di APAPO atau aplikasi pendaftaran Antrian Paspor Online? Simak penjelasannya di bawah ini.

Contoh Surat Pembatalan Paspor

Contoh Surat Pembatalan Paspor

SURAT PERMOHONAN PEMBATALAN PASPOR

 

Nomor  : xxx

Hal : Permohonan pembatalan paspor

 

Kepada Yth

Kantor Imigrasi

Yogyakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Budi Santosa

Alamat : Jl Pemuda No 19 Depok Sleman Yogyakarta

No Telp : 086745643789

 

Dengan ini memohon kepada Kantor Imigrasi Yogyakarta untuk membatalkan pembuatan paspor yang bersangkutan di atas dengan alasan kesalahan data dan paspor rusak ketika proses penerbitan.

 

Demikian surat pemberitahuan ini dibuat, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

(Nama terang)

 

Tips Membuat Surat Pembatalan Paspor

Jika dilihat dari contoh surat pembatalan paspor di atas, format dari surat tersebut adalah surat permohonan. Cara pembuatannya mudah, karena si pembuat surat hanya perlu menyertakan identitas diri lengkap guna mempermudah kantor imigrasi dalam pencarian data.

Tuliskan Data Diri Lengkap

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pembuatan surat permohonan pembatalan paspor adalah menuliskan data diri lengkap dari si pemohon. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon, dan informasi penting lainnya terkait identitas diri.

Sampaikan Permohonan Pembatalan Paspor

Seperti contoh surat pembatalan paspor di atas, setelah menuliskan data diri maka penulis surat hanya perlu menyampaikan permohonan pembatalan paspor. Tak lupa sertakan alasan yang kuat mengapa paspor tersebut harus segera diganti, berikut contohnya :

“Dengan ini memohon kepada Kantor Imigrasi Yogyakarta untuk membatalkan pembuatan paspor yang bersangkutan di atas dengan alasan kesalahan data dan paspor rusak ketika proses penerbitan.”

Berikan Kalimat Penutup

Untuk mengakhiri surat, berikan kalimat penutup yang baik guna menegaskan jika hal yang ingin disampaikan telah selesai. Contohnya “Demikian surat pemberitahuan ini dibuat, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. ”

Kalimat penutup juga dapat diganti sesuai kebutuhan, namun pastikan kalimat tersebut tidak berlebihan, singkat, dan mengungkapkan keinginan atau harapan dari pembuat surat kepada penerima surat.

Alasan Pembatalan Paspor

Setelah membaca contoh surat pembatalan paspor, mungkin tak sedikit yang bertanya apakah bisa pembuatan paspor dibatalkan? Sejatinya pembatalan paspor hanya dapat dilakukan jika terjadi beberapa hal di bawah ini :

Keterangan Pemohon Tidak Sesuai

Apabila pemohon memberikan keterangan yang tidak sesuai atau tidak benar, maka pengajuan paspor secara otomatis akan dibatalkan. Pasalnya terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum mengajukan pembuatan paspor, salah satunya tahapan wawancara.

Pada tahapan wawancara inilah, pemohon wajib memberikan keterangan yang jujur dan benar ketika diwawancarai dengan petugas kantor imigrasi. Berikan keterangan sebenar-benarnya sesuai dengan identitas yang dibawa.

Selain itu pastikan data yang terdapat di dokumen pembuatan paspor harus benar dan sama, seperti nama, alamat, dan tempat tanggal lahir. Apabila sedang berdomisili di kota berbeda dengan yang tercantum di KTP, maka wajib membawa surat pengantar.

Paspor Diperoleh dengan Cara Tidak Sah

Selain contoh surat pembatalan paspor, tahukah jika pengajuan paspor akan secara otomatis dibatalkan apabila didapatkan dengan cara tidak sah. Bahkan nantinya dapat dilakukan penyelidikan dan bisa dikenakan hukuman sesuai peraturan yang berlaku.

Pemohon Meninggal Dunia ketika Proses Penerbitan

Pengajuan paspor juga akan secara otomatis dibatalkan apabila pemohon meninggal dunia ketika proses penerbitan, sesuai dengan peraturan tentang pembatalan paspor yang nantinya akan dimuat di berita acara pembatalan.

Pemohon Tidak Mengambil Paspor dalam Jangka Waktu Satu Bulan

Tak perlu mengajukan contoh surat pembatalan paspor, karena paspor yang tidak diambil dalam kurun waktu satu bulan setelah paspor berhasil diterbitkan maka secara otomatis akan dibatalkan.

Sehingga apabila paspor tidak diambil dalam jangka waktu tersebut, perlu mengajukan kembali paspor baru sesuai prosedur awal pembuatan paspor mulai dari pembuatan akun di aplikasi, menyiapkan berkas, serta mendatangi kantor imigrasi.

Terjadi Kesalahan Data dan Paspor Rusak

Paspor bisa dibatalkan ketika terjadi kesalahan data akibat kesalahan petugas dan kerusakan ketika proses penerbitan. Pemohon juga tidak perlu membuat contoh surat pembatalan paspor serta tidak akan dikenakan biaya tambahan guna penggantian blanko paspor.

Paspor rusak yang dimaksud di atas adalah paspor yang terlihat tidak layak atau mengalami kerusakan sedemikian rupa yang parah. Akibatnya, keterangan di dalam paspor menjadi tidak jelas bahkan memberikan kesan tidak layak digunakan sebagai dokumen resmi.

Seperti yang telah dijelaskan pada peraturan pencabutan, pembatalan, dan penggantian paspor, jika penggantian paspor biasa yang rusak ketika proses penerbitan dapat ditindaklanjuti dengan proses pembatalan paspor.

Hindari Pembatalan Pembuatan saat Salah Input Antrean di Aplikasi

Selain membahas contoh surat pembatalan paspor, perlu diketahui tahapan dalam pembuatan paspor baru adalah melakukan pembuatan akun di aplikasi Paspor Online. Untuk mendapatkan nomor antrean pembuatan paspor, terlebih dahulu pemohon perlu membuat akun di aplikasi tersebut.

Namun pemohon yang ingin membuat paspor baru tak jarang mengalami kesalahan dalam memasukkan jenis antrean paspor. Apabila menemukan kendala serupa, tak perlu membatalkan pendaftaran pembuatan paspor karena akan berakibat pada terkuncinya akun selama 30 hari ke depan.

Sehingga pemohon tidak perlu membatalkan antrean, dan hanya perlu melanjutkan hingga tahap scan barcode. Nantinya pemohon membawa barcode tersebut ke petugas kantor imigrasi dan jelaskan jika terjadi kesalahan ketika input antrean.

Setelah melihat contoh surat pembatalan paspor di atas, dapat disimpulkan jika paspor hanya dapat dibatalkan apabila terjadi beberapa hal atau karena alasan tersebut di atas.

Seperti keterangan pemohon yang tidak sesuai atau tidak jujur, paspor diperoleh dengan cara tidak sah, dan pemohon meninggal dunia ketika proses penerbitan.

Selain itu pemohon yang tidak mengambil paspor dalam kurun waktu satu bulan setelah paspor berhasil diterbitkan, maupun terjadi kesalahan data dan kerusakan ketika proses penerbitan juga dapat membatalkan proses pembuatan paspor.

Karena itu pemohon sejatinya tidak perlu menuliskan surat pembatalan paspor atau pun mendatangi kantor imigrasi setempat, karena beberapa hal di atas dapat membatalkan proses pembuatan paspor secara otomatis.

Namun apabila alasan pembatalan karena kesalahan data oleh petugas atau paspor rusak saat proses penerbitan, maka pemohon dapat langsung mengunjungi kantor imigrasi setempat untuk membatalkan dan melakukan penggantian paspor baru.

Tak lupa ketika mengajukan penggantian paspor baru, bawalah dokumen atau berkas lengkap dan sesuai sehingga proses berjalan cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar